Jumat, 04 Mei 2012

PIN DAN IMEI PADA BLACKBERRY



BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
Hati-hati beli Blackberry di Indonesia karena banyak masalah dengan kasus PENCURIAN “curi” PIN Blackberry yang disebutkan Pin Cloning dan juga cerita bahwa Blackberry PIN akan kena pin suspend dimana Blackberry di blokir dan tidak bisa digunakan sama sekali untuk Blackberry Messenger BBM, browsing dan push email dan hanya bisa digunakan sebagai HP normal yaitu untuk call dan SMS
Di pasar Indonesia maupun di negara luar, ada yang membeli dan import Blackberry yang sudah tersuspend dari luar negeri untuk dijual di Indonesia. Karena PIN sudah tersuspend dan tidak bisa digunakan lagi untuk layanan Blackberry sebiasanya, maka mereka akan “curi” PIN dan melakukan PIN Cloning ke Blackberry rusak itu.
Cara Curi PIN & Cloning:
Untuk cloning PIN, yang diperlukan adalah nomor PIN dan IMEI Blackberry yang belum terdaftar di Operator dan dengan software tersebut, teknisi bisa cloning PIN ke Blackberry nya Mari kita pelajari lebih dalam tentang PIN & PIN Suspend….
1.      Apa sih PIN itu ?
Ø  PIN di BB itu adalah penanda unik yang membedakan BB milik kita dengan BB milik orang lain.
Ø   PIN itu hampir sama kayak IMEI
Ø   PIN itu hampir sama kayak YM id … bisa dipake utk ngobrol dengan PIN BB yg lain
2.      Apa itu PIN SUSPEND & Gejalanya?
Ø  Artinya kita gak ada ijin untuk masuk “blackberry.net” atau tidak bisa ber internet an
Ø   BlackBerry masih bisa buat internet, tapi seperti layaknya handphone normal biasa kena tarif GPRS (padahal kita sudah beli paketnya)
Caranya: Setting di “Options – Advanced Options – TCP” … nah tinggal masukin APN – Username – Password sesuai Operator masing2
Ø  BB msh bisa buat nelpon n SMS
3.      Apa sih Penyebab PIN Suspend ?
Ø   BlackBerry diperdagangkan secara “ilegal”
Ø  BlackBerry dilaporkan sebagai barang curian telah di laporkan sebelumnya oleh pemilik  blackberry tersebut bahwa handphone tersebut telah hilang
Ø  Pihak Rim dari BlackBerry punya alasan khusus untuk me SUSPEND pin tersebut

4.      Amankah PIN anda?
Ø   Masukkan SIM card yg udah aktif layanan BlackBerry nya
Ø   Buka [operator].blackberry.com dari BB/PC atau pilih icon “Email Settings” pada Blackberry
Ø  Pilih “Create New Account”
Ø   Lalu Masukkan PIN dan IMEI
Ø  Kalau sudah aman langsung masuk ke menu, tp kalo SUSPEND “PIN is Suspended”
cara lain untuk mengecek PIN blackberry kita aman atau tidak, perhatikan waktu membeli :
1.  cocokkan imei dan PIN di stiker bagian belakang dekat batere dengan imei di dalam unit yang dapat kita cek ketika blackberry menyala ( tekan alt+A+H bersamaan), bila tidak sama, bisa dipastikan PIN nya merupakan cloningan ato generate. bila sama, maka saya lanjutkan ke langkah kedua.
2.  dengan mengecek IMEI dengan bantuan website pengecekan imei internasional, yaitu di International Numbering Plans, © 2001-2010 disana kita dapat memasukkan imei yang tertera di unit blackberry kita, disana akan menunjukkan kalo imei yang kita masukkan terdaftar resmi (bisa dipastikan PIN atau IMEI kita bukan merupakan generate dari tangan² “kreatif “), dengan ada nya data jenis handset dan sebagainya.
Tapi kalau respons dari server seperti ini “Note: Please check the IMEI number. The entered number is invalid. [Err 901]“, maka bisa dipastikan bila blackberry anda menggunakan PIN dan IMEI generate dan bersiaplah sewaktu2 jika PIN anda ter SUSPEND.
Ciri Ciri Blackberry Yang di Cloning
Ini dia ciri ciri Blackberry yang telah di cloning dan aktif bersamaan,
1. Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
2. Bisa menggunakan Blackberry Messenger tetapi kadang kadang error
3. Email Push juga bermasalah jadi kadang tidak login
4. Browser lumpuh

PIN Generate Beda dengan PIN Cloning
Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan merobah pin BB mereka dengan software yang sama dan create atau generate PIN nomor cantik.
Setelah generate PIN, mereka dapat menggunakannya BBM seperti biasa. Tetapi, cara mainan ini tidak akan tahan lama karena RIM secara otomatis mengecek servernya dan akan menghapus PIN yang bukan resmi dari mereka dan BBM tidak dapat digunakan lagi.
bagamana kalau ada dua PIN yg sama?
Dua BB yang punya pin yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar.
Akibatnya PIN SUSPEND….

Jadi kalau anda membeli Blackberry yang di cloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah diSuspend dan pin cloning tersebut tidak akan tahan lama dan beresiko di suspend kembali.
Blackberry yang dilapor hilang dengan nomor pin dan IMEI akan dicap HILANG ke server RIM yang berlaku ke seluruh dunia maka PIN itu di suspend dan tidak bisa digunakan untuk layanan Blackberry di seluruh dunia.
Jadi tips agar bebas dari BB PIN Cloning dan PIN Suspend adalah;
1. Beli Blackberry anda dari dealer resmi bergaransi operator atau distributor
2. Kalau anda harus beli yang bekas, pastikan anda beli dari toko yg memberi garansi bahwa BB anda bebas cloning
3. Pastikan nomor PIN dan IMEI di blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak. Caranya, buka menu blackberry, ke options -> status
4. Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email Settings

Ada sedikit tips untuk mengetahui tentang Blackberry PIN IMEI:
1. Pada layar menu Home, klik ikon PILIHAN / OPTIONS
2. Selanjutnya Klik STATUS
3. Ini adalah cara pintas, tekan bersamaan tombol, ALT + CAPS + H
4. Tampilan akan menunjukkan HELP ME yang memenuhi Vendor ID, PIN dan IMEI

Trik ini untuk mengetahui status timer masa pakai Blackberry:
1. Pada layar menu klik PILIHAN HOME
2. Lalu pilih Jenis BUYR
3. Selanjutnya akan ditampilkan DATA & VOICE PENGGUNAAN. Jika nilai adalah 0, berarti blackberry masih dalam kondisi baru/belum pernah digunakan. Jika nilai tidak 0, berarti blackberry berada pada posisi second/bekas.


2 komentar:

  1. Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus
  2. mau tanya apa hanya dengan no pin dan no imei kita bisa lacak keberadaan lokasi bb kita? klo ada tolong info linknya terima kasih

    BalasHapus