Jumat, 06 April 2012

TEKNOLOGI INFORMASI PERSIAPAN PENULISAN ILMIAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER 3

TEKNOLOGI INFORMASI
PERSIAPAN PENULISAN ILMIAH
UNTUK MAHASISWA SEMESTER5

Mahasiswa tingkat 3 atau yang baru saja menginjak semester 5 biasanya masih belum memikirkan untuk penulisan ilmiah apa yang akan mereka buat pada saat semester 6 atau tingkat 3 nantinya, padahal mereka sudah seharusnya memikirkan hal itu karena pengalaman yang saya alami sekarang sangat sulit ternyata yang namanya penulisan ilmiah itu. Memang awalnya saya berfikir bahwa penulisan ilmiah adalah hal yang gampang ternyata banyak proses-proses yang harus di lewati dalam penulisan ilmiah.
Maka dari itu saya menulis artikel ini bermaksud untuk berbagi pengalaman persiapan dalam hal penulisan ilmiah. Saat ini saya mahasiswa tingkat 3 semester 6 dan sedang proses pembuatan penulisan ilmiah. Penulisan ilmiah yang saya buat adalah “APLIKASI ALAT TULIS KANTOR MENGGUNAKAN NETBEANS IDE 7.1 DAN MYSQL”, NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE)berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris.
Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger.
Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya alias gratis.sedangkan MySQL adalah salah satu aplikasi database server yang cukup terkenal. Hebatnya lagi MySQL adalah produk open source yang terus dikembangkan oleh MySQL AB. Memang sih, ada produk yang enterprise. Tetapi untuk kebutuhan saya sebagai mahasiswa, MySQL sudah dapat diandalkan. Selain gratis juga sangat reliable. Dalam mencari judul tersebut tidaklah gampang karena awalnya saya mengajukan judul yang berbeda kepada dosen pembimbing saya tetapi tidak di terima.
Itu adalah satu contoh hal yang sulit yang saya alami. Oleh karena itu saya himbau untuk mahasiswa semester 3 mulailah dari sekarang untuk mencoba browsing-browsing di internet mencari judul-judul apa yang akan kalian buat penulisan ilmiah nanti. Buat konsep sesimple mungkin tetapi menarik dan juga mencoba berbagai macam software-software.
Mencari informasi sebanyak mungkin itu sangat diperlukan karena dimulai mencari informasi dari senior, bisa juga datang ke library universitas dan bisa membaca panduan penulisan ilmiah di library tersebut atau nanti akan di dapatkan dari dosen pembimbing masing-masing.
Dalam hal penulisan perkembangan teknologi komputer mempermudah dalam menulis dengan adanya word processor. Namun banyak yang menggunakan word processor sebagai layaknya mesin ketik. Mereka  tidak tahu bahwa dokumen itu memiliki struktur paragraf, seperti “ti-tle”, “heading”, “normal text”, dan seterusnya. Sebetulnya saya juga tidak begitu terlalu jago soal penulisan bahkan saya pun masih belajar. Mungkin itu saja yang bisa saya share untuk teman-teman mahasiswa semester 5. Dan hanya itu yang bisa saya tulis dalam artikel ini, semoga bermanfaat.




1 komentar: